Lima Tempat Wisata Sekitar Borobudur

Lima Tempat Wisata Sekitar Borobudur. Borobudur terletak di kota Magelang yang dikenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Tidak heran tempat ini menjadi tujuan wisata yang populer di Indonesia. Wisatawan dari seluruh dunia telah berkunjung ke sini. Tidak hanya dari berbagai kota di Indonesia, tetapi juga dari luar negeri.

Wisata sekitar borobudur

Wisata sekitar borobudur

Tapi, apakah Anda ingin menghabiskan liburan Anda sepenuhnya hanya untuk mengunjungi Candi Borobudur? Anda akan kehilangan sesuatu! Terutama ketika Anda bersedia melakukan perjalanan lintas provinsi untuk sampai ke sana, tetapi Anda tidak menikmati tempat wisata sebanyak mungkin. Berita yang beredar ada beberapa tempat wisata sekitar borobudur yang harus anda kunjungi. Berikut ini lima di antaranya:

1. KETEP PASS
Terletak sekitar 30 Km dari Candi Borobudur, Anda dapat mengunjungi Ketep Pass. Tempat ini ditempatkan di Bukit Sawangan dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dari puncak bukit ini, wisatawan akan dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu.

Ketep Pass juga memiliki beragam fasilitas. Anda dapat mengunjungi Museum Vulkanologi atau menonton film pendidikan di bioskop mini yang tersedia di puncak bukit. Ada juga dua teropong yang digunakan untuk menyaksikan pemandangan Gunung Merbabu atau Merapi. Dan, ada beberapa gazebo untuk area relaksasi turis.

2. RUMAH KAMERA MAGELANG
Sekitar sepuluh menit ke utara Candi Borobudur, ada objek wisata yang disebut Camera House. Jika di beberapa kota besar ada Upside Down Worlds, maka Magelang memiliki Camera House. Tempat ini menyediakan lokasi foto instagrammable. Di luar ruangan, Anda bisa mencoba berpose dengan latar belakang bangunan Gedung Kamera dalam bentuk kamera DSLR. Di dalam, Anda akan menemukan beberapa lukisan untuk latar belakang foto.

Melihat tempat ini Anda mungkin berpikir jika pemilik rumah adalah seorang fotografer atau penggemar fotografi, tetapi tebakan Anda salah karena pemilik rumah ini adalah seorang pelukis. Pemilik rumah ini adalah MrTanggol, ia berasal dari Semarang yang pernah tinggal di Bali dalam waktu yang lama. Tuan Tanggol adalah orang yang telah menghabiskan bertahun-tahun di bidang melukis dan dia telah menerima berbagai penghargaan.

Apa saja tempat wisata sekitar borobudur?

3. BUKIT RHEMA
Bukit Rhema yang dikenal sebagai Gereja Ayam juga merupakan tempat yang wajib dikunjungi sehingga Anda akan kehilangan banyak pengalaman jika Anda melewatkan tempat ini, ketika bepergian ke Borobudur, terutama, karena menjadi salah satu lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Selain itu, keunikan desain bangunan ini juga menjadikannya lokasi yang sempurna untuk berburu foto yang dapat di-instagram.

Bukit Rhema juga merupakan alternatif untuk menyaksikan indahnya matahari terbit di Borobudur. Anda bisa merasakan suasana matahari terbit pribadi di bukit ini, berbeda dengan Puthuk Setumbu yang kebanyakan ramai pengunjung. Selain itu, tiket masuk Bukit Rhema tidak semahal saat menyaksikan matahari terbit melalui Hotel Manohara; Rp 275.000 per orang. Di sini, Anda cukup membayar tiket masuk Rp. 15.000 per orang untuk turis lokal dan IDR. 30.000 untuk turis asing.

4. DESA WISATA CANDIREJO
Mengunjungi Desa Wisata Candirejo juga merupakan kegiatan wisata yang menarik yang dapat dilakukan selama perjalanan ke Borobudur. Desa wisata ini terletak hanya sekitar 5,5 Km dari Candi Borobudur dan dapat ditempuh tidak lebih dari 15 menit.

Ada banyak turis lokal dan asing yang singgah di Desa Wisata dusun Candirejo ini, karena keberadaan desa wisata ini tidak dapat dipisahkan dari sejarah pembentukan candi termegah di Asia Tenggara.

5. PEMANDIAN AIR PANAS UMBUL (CANDI UMBUL)
Akhirnya, Anda bisa mencoba merasakan kehangatan di Pemandian Air Panas di Candi Umbul (Candi Umbul). Tempat ini terletak di Desa Kartoharjo, Grabag, Kabupaten Magelang, tidak terlalu jauh dari Borobudur; sekitar 38 km. Seperti halnya Candi Borobudur, Candi Umbul (Candi Umbul) juga merupakan peninggalan dari Rumah Syailendra yang pernah menguasai daerah Jawa Tengah.

Di kawasan candi ini, Anda akan menemukan keberadaan dua kolam renang. Kolam pertama ditempatkan di bagian atas dan itu adalah kolam air panas. Sementara itu, kolam kedua adalah kolam biasa dengan air dingin. Beberapa orang mengatakan bahwa dua kolam ini digunakan untuk tempat pemandian bagi para putri bangsawan.

Baca juga : INGIN MEMBELI KAMERA BEKAS? BACA DULU TIPSNYA

Sudah pasti, Anda akan terlewat untuk datang ke tempat-tempat di atas lagi suatu hari nanti. Anda tinggal menyisihkan beberapa jam untuk pergi ke tempat wisata sekitar Borobudur. Tertarik?